Grand Maerokoco Semarang 2022: Tiket Masuk, Daya Tarik, Lokasi & Rute

Nama Tempat: Grand Maerakaca Semarang
Harga Tiket: Rp10.000
Jam Buka: 07.00 - 18.00 WIB
No. Telepon: (024) 7606286
Alamat: Jl. Yos Sudarso, Tawangsari, Kec. Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah 50144.


Grand Maerakaca
jejak-kenzie.blogspot.com

Grand Maerokoco Semarang, Jawa Tengah



Semarang Pedia - TRAVEL. Berwisata ke Kota Semarang memang menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan, karena Kota Semarang kini memiliki banyak sekali destinasi wisata yang patut Anda kunjungi, mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata kuliner, wisata religi, hingga wisata edukasi pun tersedia di Semarang.

Salah satu obyek wisata di Semarang yang cukup populer di kalangan masyarakat Semarang adalah Grand Maerokoco atau yang dulunya bernama Puri Maerokoco.

Apa saja yang menarik di sana?
Simak ulasan berikut ini.


Grand Maerokoco Semarang

Grand Maerokoco merupakan re-branding dari Puri Maerakaca. Taman wisata Puri Maerokoco diresmikan oleh Gubernur Ismail ketika beliau menjabat pada kisaran tahun 1980-an.

Grand Maerakaca
wisatasenibudaya.com

Grand Maerokoco Semarang adalah sebuah perwujudan dan miniatur provinsi Jawa Tengah yang merupakan salah satu tempat objek wisata bagian dari Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan (PRPP) Jawa Tengah.

Grand Maerokoco Semarang menempati tanah seluas 23,84 hektar. Grand Maerokoco terdiri atas 35 anjungan yang di dalamnya mencerminkan 35 kabupaten dan kotamadya yang berada di provinsi Jawa Tengah.

Grand Maerakaca
jejak-kenzie.blogspot.com

Menariknya lagi, di tempat wisata keluarga yang satu ini terdapat berbagai macam miniatur objek wisata bersejarah peninggalan zaman dahulu yang bersifat tradisional serta cukup populer di kalangan masyarakat umum.

Seperti Miniatur Benteng Pendhem, Miniatur Masjid Agung Demak, Miniatur Masjid Menara Kudus, Miniatur Candi Borobudur, dan Miniatur Masjid Mantingan.

Selain terdapat berbagai macam miniatur yang bersejarah dan menarik, di Puri Maerokoco atau Grand Maerokoco juga terdapat wahana permainan yang sangat menyenangkan.

Seperti wahana permainan Borncar, Bianglala, Marry Go Around (komedi putar), outbond yang terdiri dari Flying Fox dan Paint Ball, serta masih banyak lagi berbagai macam wahana permainan yang tersedia di Grand Maerokoco Semarang ini.

Puri Maerokoco atau yang sekarang sudah berganti nama menjadi Grand Maerokoco ini merupakan taman mininya Jawa Tengah. Uniknya, di dalam rumah adat yang ada di Puri Maerokoco terdapat berbagai macam hasil industri dari daerah masing-masing.

Selain itu, ada juga berbagai macam kerajinan yang juga di produksi dari masing-masing daerah yang ada di Jawa Tengah. Oleh karena itu, Puri Maerokoco atau Grand Maerakaca memang pantas digunakan sebagai tempat wisata andalan Jawa Tengah.

Daya Tarik Wisata Grand Maerokoco Semarang

Daya tarik dan keunikan dari tempat wisata yang satu adalah sebagai miniatur nya Jawa Tengah. Konsepnya mirip dengan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), namun di Grand Maerokoco ini miniaturnya hanya sebatas kawasan Jawa Tengah.

vianacivaa.com

Harapannya, supaya pengunjung bisa melihat dan mempelajari kebudayaan Jawa Tengah secara lebih lengkap. Dan itu berarti objek wisata ini juga merupakan tempat wisata edukasi dan wisata budaya yang sangat cocok untuk anak-anak.

Bagi Anda yang ingin mempelajari lebih lanjut mengenai kebudayaan-kebudayaan yang ada di Jawa Tengah, maka datanglah ke objek wisata ini. Di Grand Maerakaca ini ada 35 perwakilan berupa adat istiadat khas Jawa Tengah yang bisa Anda nikmati.

35 adat istiadat atau yang disebut anjungan itu berasal dari 35 Kabupaten dan Kotamadya di seluruh Jawa Tengah, sehingga sangat lengkap untuk edukasi budaya Jawa Tengah.

Fasilitas Grand Maerakaca Semarang

Seperti yang sudah di sebjtkan diatas bahwa objek wisata ini sudah cukup lama dibangun, jadi untuk perihal fasilitas bisa dibilang sudah cukup lengkap. Sehingga akan membuat Anda nyaman saat berlibur dan berkunjung di Grand Maerakaca Semarang bersama keluarga ataupun rombongan. Fasilitas tersebut meliputi;

  • 35 anjungan atau perwakilan kebudayaan dari seluruh kotamadya dan kabupaten se-Jawa Tengah
  • Adanya kolam pancing yang bisa di manfaatkan untuk Anda yang hobi memancing
  • Beberapa tempat istirahat untuk beristirahat sejenak bagi wisatawan yang lelah
  • Fasilitas musholla atau tempat ibadah
  • Beberapa fasilitas wahana permainan (termasuk perahu air dan bebek air)
  • Trekking Hutan Mangrove
  • Toilet dan air bersih
  • Fasilitas keamanan selama 24 jam penuh
  • Area parkir yang sangat luas

Selain itu, area wisata Grand Maerakaca yang lengkap dan memiliki keunikan ini sering dijadikan lokasi untuk menggelar beberapa acara bagi para wisatawan.

asiawisata.com

Seperti sesi foto prewedding, sesi foto model, acara gathering, arisan keluarga, acara outbond, hingga acara halal bihalal.

Anda dan keluarga atau teman-teman ataupun rombongan yang ingin mengadakan acara di area wisata Grand Maerakaca juga di perbolehkan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku dari pihak pengelola.

Kegiatan Seru Yang Bisa Dilakukan Di Grand Maerokoco Semarang

Ada banyak kegiatan seru yang bisa Anda lakukan di obyek wisata Grand Maerakaca Semarang ini. Berikut ulasannya;

1. Belajar Tentang Jawa Tengah

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa Grand Maerakaca merupakan obyek wisata edukasi dan budaya.

Sehingga Anda bisa mempelajari lebih luas mengenai hal-hal yang ada di Jawa Tengah, khususnya adat istiadat dan kebudayaan.

Anda akan lebih mengenal Jawa Tengah melalui anjungan atau miniatur yang ada di Grand Maerakaca Semarang.

2. Pameran

Di dalam anjungan, ada beberapa pameran yang bisa dilihat oleh pengunjung. Di dalamnya ada pameran kerajinan tangan, pakaian tradisional, makanan dan minuman khas, dan bahkan beberapa informasi obyek wisata sekitarnya.

Tentu saja kegiatan pameran ini sangat menarik untuk dilihat sekaligus menambah wawasan Anda mengenai Jawa Tengah.

3. Bermain Di Wahana Permainan

seputarsemarang.com

Ada beberapa wahana permainan yang bisa Anda coba untuk menikmati waktu liburan.

Selain perahu air dan bebek air, di Puri Maerokoco atau Grand Maerakaca ini juga ada Flying Fox.

Selain itu, ada juga kolam renang, paint ball, kereta gantung, bianglala, komedi putar, dan masih banyak lagi.

Wahana-wahana tersebut merupakan spot terbaik untuk hunting foto, tapi ada salah satu spot terfavorit yaitu Tracking Hutan Mangrove.

4. Wisata Kuliner

wisatasenibudaya.com

Anda tak perlu khawatir kelaparan saat berlibur ke obyek wisata Grand Maerokoco, karena di area Taman Mini Jawa Tengah ini terdapat berbagai tempat makan yang menawarkan wisata kuliner Semarang dengan rasanya yang menggugah selera, terlebih lagi harganya yang cukup terjangkau.

5. Jalan Santai Di Trekking Hutan Mangrove

Instagram.com@sahabat_belajar_

Bagian ini sangat cocok bagi Anda yang datang bersama pacar atau pasangan.

Berjalan berdua menyusuri tepian hutan mangrove sambil menikmati pemandangan air yang hijau membuat suasana semakin romantis.

Apalagi jika Anda datang kerika sore hari, indahnya cahaya matahari sore akan menambah romantisme tempat wisata Semarang yang satu ini.

Jam Buka Grand Maerokoco Semarang

Grand Maerokoco Semarang dibuka dari pukul 08.00 sampai 18.00 WIB.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan spot foto terbaik, maka datanglah lebih awal.

Karena hasil foto terbaik adalah yang menampilkan keindahan objek bukan banyaknya pengunjung.

reresepan.com

Harga Tiket Wisata Grand Maerakaca Semarang

Bagi Anda yang berminat untuk mengunjungi dan berlibur di Kawasan Wisata Grand Maerokoco atau Puri Maerokoco Semarang, alangkah baiknya simak dulu harga tiket untuk masuk dan yang ada di dalamnya.

Sehingga Anda bisa mempersiapkan anggaran yang pas ketika berlibur di sini.

  • Tiket Masuk: Rp 10.000/orang
  • Perahu Air: Rp 5.000/orang
  • Bebek Air: Rp 10.000/orang
  • Paket Terusan: Rp 35.000/orang

Tips: Sesuaikan saja dengan kebutuhan anda dalam membeli tiket. Apabila Anda tidak tertarik untuk mencoba berbagai wahana permainan, Anda cukup membeli tiket biasa saja. Namun, jika Anda tertarik untuk mencoba berbagai wahana permainan, maka Paket Terusan tentunya akan membuat Anda lebih berhemat.

Harga tiket yang tertera diatas dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pihak pengelola wisata Grand Maerokoco Semarang.

Alamat & Lokasi Grand Maerokoco Semarang

  • Alamat: Jl. Yos Sudarso, Tawangsari, Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • 5 Km dari Tugu Muda Semarang
  • 3 Km dari Bandara International Ahmad Yani Semarang
  • 6 Km dari Lawang Sewu Semarang

Peta & Petunjuk Arah Menuju Grand Maerokoco Semarang

Post a Comment for "Grand Maerokoco Semarang 2022: Tiket Masuk, Daya Tarik, Lokasi & Rute"